Saturday, October 19, 2013

Rahasia Pemecah Masalah Luar Biasa dari Einstein (dan 10 cara Spesifik yang bisa anda gunakan)

Albert Einstein



Einstein pernah berkata dalam quotenya "Jika saya di beri waktu satu jam untuk menyelamatkan dunia maka saya akan menghabiskan waktu lima menit untuk menentukan masalah dan lima menit untuk mencari solusinya"

Quote ini tentu saja menggambarkan Point yang penting: Sebelum meloncat tepat ke pemacahan masalah, kita harus melangkah mundur dan menginvestasikan waktu serta usaha untuk meningkatkan pemahaman tentang problem tersebut. Berikut ini adalah 10 strategi yang bisa anda gunakan untuk melihat masalah dari prespektif yang berbeda dan menguasai apa langkah yang paling penting dalam pemecahan masalah: Mendefinisikan kejelasan untuk masalah di tempat pertama!

Kenali Apa Masalah itu



Definisi masalah akan menjadi titik fokus dari semua upaya pemecahan masalah Anda. Dengan demikian, masuk akal untuk mencurahkan banyak perhatian dan dedikasi untuk mencari titik utama dari masalah. Yang biasanya terjadi adalah kita selalu banyak menghabiskan waktu untuk mencari solusi dari masalah tersebut sehingga begitu banyak waktu yang terbuang dan tidak sempat untuk mengevaluasi peyulingan masalah.

Kebanyakan yang terjadi kita tidak menyadari apa- dan apa yang seharusnya einstien mungkin lakukan adalah bahwa kualitas solusi yang kita datangkan akan berbading lurus dengan kualitas deskripsi masalah yang usaha yang kita pecahkan. Tidak hanya dalam solusi anda kan menjadi lebih baik dan kualitas yang anda punyai akan lebih tinggi, tetapi setelah itu akan mencapai pencapaian yang lebih mudah dalam memecahkan masalah. Yang paling penting , anda akan memiliki kepercayaan diri untuk mengatasi masalah yang lebih berharga.

Soal Alat dan Definisi Strategi

Kabar baiknya adalah  bahwa mendapatkan perspektif yang berbeda dan suduk yang jelas dalam mendefinisikan masalah ada keterampilan yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Dengan demikian, ada banyak strategi yang bisa Anda gunakan untuk menyempurnakanya. Berikut ini adalah 10 cara yang paling efektif yang saya ketahui.

1. Ulangi Masalah

Ketika seorang eksekutif Toyota meminta para pegawai untuk melakukan brainstorming" cara untuk meningkatkan produktivitas mereka", Semuanya menatap dia dengan tatapan kosong. Ketika dia mengulangi permintaanya seperti " cara untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah", Semua sara tidak bisa dia ikuti.

Kata impisit membawa makna yang kuat dengan demikian hal tersebut membawa peran utama dalam bagaimana kita memandang masalah. Dalam contoh diatas, 'menjadi produktif' mungkin tampak seperti pengorbanan yang Anda lakukan bagi perusahaan, sedangkan 'membuat perkerjaan Anda lebih mudah' mungkin lebih sesuau yang anda lakukan untuk keuntungan Anda sendiri, tetapi dari sisi perusahaan juga menguntungkan. Pada akhirnya, masalah masih sama, tapi perasaan - dan sudut pandang - yang terkait dengan masing-masing sangat berbeda.

Bermain bebas dengan pernyataan masalah, merubah ulang kata-kata. Untuk pendekatan metodis, mengambil kata-kata tunggal dan variasi pengganti. 'Meningkatkan  Penjualan'? Cobala mengganti "meningkatkan' dengan 'menarik', 'mengembangkan','memperpajang','ulangi' dan melihat bagaimana presepsi Anda tentang perubahan masalah. Sebuah kosakata yang kaya memainkan peranan penting di sini, sehingga Anda mungkin ingin menggunakan tesauru atau mengembangkan kosa kata Anda.

2 . Mengekspos dan Tantangan Asumsi

Setiap masalah - tak peduli betapa sederhanya lampiran asumsi yang datang. Mungkin Kebanyakan asumsi ini  tidak akurat dan bisa membuat pernyataan masalah Anda tidak memadai atau bahkan sesat .

Langkah pertama untuk menyingkirkan asumsi yang buruk adalah dengan membuat eksplisit. Tulis daftar asumsi yang ada bisa, lalu expos di bagian terutama  yang mungkin tampak paling jelas dan 'tak tersentuh' .

Itu , terdapat dalam dirinya sendiri , membawa lebih banyak kejelasan masalah yang dihadapi . Tapi jika pergi lebih jauh dan ingin menguji setiap asumsi untuk validitas : berpikir dengan cara yang mereka mungkin tidak valid dan konsekuensinya . Apa yang Anda akan temukann mungkin akan mengejutkan Anda : bahwa banyak dari asumsi mereka buruk  - dengan hanya sedikit pengawasan Anda dapat dengan aman menjatuhkan mereka .

Misalnya, Anda akan memasuki bisnis restoran . Salah satu asumsi Anda mungkin ' restoran harus  memiliki menu ' . Sementara asumsi tersebut pada awalnya kelihatanya tampak benar  , coba menantang dan mungkin Anda akan menemukan beberapa model bisnis yang sangat menarik (misalnya, seperti salah satu restoran di mana pelanggan membawa ide-idenya sendiri untuk hidangan koki yang memasak) .

3 . chunk Up

Setiap masalah adalah bagian kecil dari masalah yang lebih besar . Dengan cara yang sama bahwa Anda dapat menjelajahi masalah lateral - seperti  bermain dengan kata-kata atau menantang asumsi - Anda juga dapat menjelajahi itu pada " ketinggian " .

Jika Anda merasa Anda kewalahan dengan rincian atau melihat masalah terlalu sempit , melihat dari perspektif yang lebih umum. Untuk membuat masalah Anda lebih umum , mengajukan pertanyaan seperti : " Apa ini bagian dari? " , " Apa ini contoh ? " Atau " Apa maksud di balik ini? " .

Pendekatan lain yang membantu banyak dalam mendapatkan pandangan yang lebih umum masalah adalah mengganti kata-kata dalam pernyataan masalah dengan hypernyms . Hypernyms adalah kata-kata yang memiliki makna yang lebih luas daripada kata yang diberikan . ( Misalnya, hypernym dari 'mobil' adalah ' kendaraan ' ) .

4 . Chunk Down

Jika setiap masalah adalah bagian dari masalah yang lebih besar , itu juga berarti bahwa setiap masalah adalah terdiri dari banyak masalah yang lebih kecil . Ternyata masalah dalam banyak masalah yang lebih kecil - masing-masing lebih spesifik daripada yang asli - juga dapat memberikan wawasan yang lebih besar tentang hal itu .

' Chunking down ' ( membuatnya lebih spesifik ) ini sangat berguna jika Anda menemukan masalah luar biasa atau menakutkan .

Beberapa pertanyaan khas Anda dapat meminta untuk membuat masalah lebih spesifik adalah: " Apa bagian ini? " Atau " Apa saja contoh dari ini? " .

Sama seperti dalam ' chunking up' , kata substitusi juga bisa datang ke penggunaan besar di sini. Kelas kata-kata yang berguna di sini adalah hyponyms : kata-kata yang lebih ketat dalam arti dari yang diberikan. ( Misalnya dua hyponyms dari 'mobil' adalah ' mobil ' dan ' limousine ' ).

5 . Cari Beberapa Perspektif

Sebelum bergegas untuk menyelesaikan suatu masalah, selalu pastikan Anda melihatnya dari perspektif yang berbeda. Melihat dengan mata yang berbeda adalah cara yang bagus untuk memiliki wawasan instan baru  arah diabaikan .

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis dan mencoba untuk ' meningkatkan penjualan ' , cobalah untuk melihat masalah ini dari sudut pandang berbeda, misalnya, pelanggan. Dari sudut pandang pelanggan , ini mungkin menjadi masalah menambahkan fitur untuk produk Anda yang satu akan bersedia membayar lebih untuk produk/jasa yang anda tawarkan .

Tulis ulang pernyataan masalah Anda berkali-kali , setiap kali menggunakan salah satu perspektif yang berbeda ini. Bagaimana pesaing Anda akan melihat masalah ini ? Karyawan Anda ? Ibumu ?

Juga , bayangkan bagaimana orang-orang dalam berbagai peran akan membingkai masalah. Bagaimana seorang politisi akan melihatnya ? Seorang profesor di perguruan tinggi? Seorang suster ? Cobalah untuk menemukan perbedaan dan persamaan pada bagaimana peran yang berbeda akan mengatasi masalah Anda .

6 . Gunakan Konstruk Bahasa Efektif

Tidak ada satu ukuran cocok untuk semua formula untuk benar menyusun pernyataan masalah yang sempurna, tetapi ada beberapa konstruksi bahasa yang selalu membantu membuatnya lebih efektif :

Asumsikan segudang solusi . Cara terbaik untuk memulai sebuah pernyataan masalah adalah : " Dengan cara apa aku mungkin ... " . Ungkapan ini jauh lebih unggul " Bagaimana saya bisa ... " seperti petunjuk bahwa ada banyak solusi, dan bukan hanya satu atau mungkin tidak ada . Sesederhana ini terdengar , perasaan harapan membantu otak Anda menemukan solusi .
Buatlah positif . Kalimat negatif membutuhkan banyak kekuatan yang lebih kognitif untuk proses dan dapat memperlambat Anda atau bahkan menggagalkan melatih pikiran Anda . Pernyataan positif juga membantu Anda menemukan tujuan sebenarnya di balik masalah dan dengan demikian, jauh lebih memotivasi.
Sebagai contoh: bukannya mencari cara untuk ' berhenti merokok ' , Anda mungkin akan menemukan bahwa 'meningkatkan energi Anda ' , ' hidup lebih lama ' dan lain-lain jauh lebih berharga tujuan.
Bingkai masalah Anda dalam bentuk pertanyaan. Otak kita mencintai pertanyaan. Jika pertanyaannya adalah kuat dan menarik, otak kita akan melakukan segala sesuatu dalam jangkauan mereka untuk menjawabnya. Kami hanya tidak bisa membantu : Otak kita akan mulai bekerja pada masalah segera dan tetap bekerja di latar belakang , bahkan ketika kita tidak menyadari hal itu .
Jika Anda masih terjebak , pertimbangkan untuk menggunakan rumus berikut untuk kalimat pernyataan masalah Anda :
" Dalam hal apa ( tindakan) ( object ) ( kualifikasi ) ( hasil akhir ) ? "
Contoh : Dalam hal apa mungkin saya paket ( tindakan) buku saya ( objek) lebih menarik ( kualifikasi ) sehingga orang akan membeli lebih dari itu ( hasil akhir ) ?

7 . Membuat Ini Melibatkan itu

Di samping menggunakan konstruksi bahasa yang efektif, penting untuk datang dengan sebuah pernyataan masalah yang benar-benar menggairahkan Anda sehingga Anda berada dalam kerangka pikiran terbaik untuk kreatif dalam mengatasi masalah. Jika masalah terlihat terlalu membosankan bagi Anda, menginvestasikan waktu untuk menambahkan kekuatan. Buatlah menarik . Otak Anda akan terima (reward ) nanti .

Satu hal  untuk ' meningkatkan penjualan ' ( membosankan ), satu lagi adalah ' wow pelanggan Anda ' . Satu hal yang lainya 'untuk membuat blog pengembangan pribadi', yang lain sama sekali berbeda dengan 'memberdayakan pembaca untuk hidup sepenuhnya' .


8 . Membalikkan Masalah

Salah satu trik yang biasanya membantu ketika Anda terjebak dengan masalah yang berputar di kepalanya .

Jika Anda ingin menang, cari tahu apa yang akan membuat Anda kehilangan. Jika Anda sedang berjuang menemukan cara untuk 'meningkatkan penjualan ' , menemukan cara untuk menurunkan mereka sebagai gantinya . Kemudian, semua yang perlu Anda lakukan adalah membalikkan jawaban Anda . 'Membuat panggilan lebih banyak penjualan' mungkin tampak jelas cara untuk meningkatkan penjualan, tapi kadang-kadang kita hanya melihat jawaban ini 'jelas' ketika kita melihat masalah dari arah yang berlawanan .

Metode ini tampaknya rumit mungkin tidak tampak intuitif pada awalnya , tetapi mengubah masalah pada kepalanya dapat mengungkap solusi yang jelas untuk masalah asli .

9 . mengumpulkan Fakta

Menyelidiki penyebab dan keadaan dari masalah. Buat rincian tentang hal itu - seperti asal-usulnya dan penyebab. Terutama jika Anda memiliki masalah yang terlalu samar , menyelidiki fakta biasanya lebih produktif daripada mencoba untuk menyelesaikannya segera.

Jika, misalnya, masalah dinyatakan oleh pasangan Anda adalah "Kamu tidak pernah mendengarkan saya " , solusinya adalah tidak jelas . Namun, jika pernyataan " Anda tidak membuat kontak mata cukup ketika saya sedang berbicara dengan Anda," maka solusi yang jelas dan dapat Anda lewati dengan brainstorming yang sama sekali.

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan tentang masalah ini. Apa yang tidak ketahui tentang hal itu? Dapatkah Anda menggambar diagram dari masalah? Apa batas-batas masalah? Jadilah penasaran . Ajukan pertanyaan dan kumpulkan fakta. Dikatakan bahwa masalah yang terdefinisi dengan baik adalah setengah jalan untuk bisa dipecahkan : Saya akan menambahkan bahwa masalah yang ditentukan sempurna tidak menjadi masalah lagi .


10 . Masalah - Memecahkan Permasalahan Anda

Aku tahu aku mengambil risiko menjadi infinite loop di sini, tetapi karena Anda mungkin telah menyadari, mendapatkan perspektif yang tepat dari masalah adalah, baik, menjadi masalah tersendiri . Dengan demikian, merasa bebas untuk menggunakan teknik berpikir kreatif Anda. Ada banyak untuk menyelesaikan nya salah satu pilihanya :

Anda mungkin ingin memberikan diri sendiri dengan Kuota Ide laporan masalah. Atau menulis Daftar 100 cara untuk memecahkan masalah. SCAMPER kan definisi masalah Anda. Ini hanya beberapa teknik dari lusinan yang dapat Anda coba.

Tentu saja, berapa banyak usaha Anda berinvestasi dalam mendefinisikan masalah berbeda dengan berapa banyak usaha Anda berinvestasi dalam memecahkan masalah Anda yang sebenarnya adalah sulit mencapai keseimbangan, meskipun salah satu yang dicapai bisa dengan praktek .

Secara pribadi , saya tidak berpikir bahwa 55 menit untuk mendefinisikan masalah versus 5 menit yang bekerja pada biasanya proporsi yang baik . Intinya adalah bahwa kita harus menyadari bagaimana masalah yang penting dengan mendefinisikan dan memperbaiki kecenderungan kita untuk menghabiskan terlalu sedikit waktu di dalamnya .

Bahkan , ketika Anda mulai lebih memperhatikan bagaimana Anda mendefinisikan masalah Anda , Anda mungkin akan menemukan bahwa hal itu biasanya jauh lebih sulit daripada memecahkan masalah tersebut. Tapi Anda juga akan menemukan bahwa hasilnya adalah layak dengan usaha yang anda lakukan.


Best Regard:

Moch Lutfi Fauzi

Referensi:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Cinsu: Let's Be Smart Leader All Right Reserved